Image to text convertion with OCR (Optical Character Recognition)

Posted: October 16, 2008 in Internet, Software, Utilities
Tags: , ,

Suatu kali saya melihat rekan kerja saya yang sedang melototin komputer dan kertas dokumennya. Ternyata dia sedang membandingkan data antara kertas dokumen tersebut dengan data di komputer.
Nah ternyata kertas dokument yang harus dibandingan ada puluhan lembar, gimana tidak sakit tuh mata rekan saya. Kemudian saya berfikir sejenak, apakah tidak ada cara lain agar pekerjaan ini menjadi sedikit lebih mudah?

Kemudian saya coba scan kertas dokumen tersebut menjadi pdf, namun ternyata hasilnya adalah pdf tersebut bukan berupa text namun image, dan kita tidak mungkin mencari kata pada image.
Lalu saya tanya-tanya paman saya, Google.com. Dan akhirnya saya menemukan jawabannya, yaitu dengan OCR.

Pada saat proses pemindaian dokumen terutama dokumen teks, hasil output masih berupa format gambar flat sehingga teks tidak dapat diubah atau disalin secara langsung.
Untuk itu diperlukan sebuah proses lagi yaitu Optical Character Recognition (OCR).

OCR adalah aplikasi yang menerjemahkan gambar karakter (image character) menjadi bentuk teks dengan cara mencocokkan pola karakter per baris dengan pola yang telah tersimpan dalam database aplikasi.
Misalnya user menggambar suatu karakter alphabet pada bidang yang ditentukan kemudian OCR akan mendeteksi apakah yang digambarkan tersebut mendekati suatu karakter alphabet tertentu.
Hasil dari proses OCR adalah berupa teks sesuai yang tampak pada gambar output scanner dimana tingkat keakuratan penerjemahan karakter tergantung dari tingkat kejelasan gambar.

Saat ini dipasaran sudah banyak tersedia perangkat lunak yang mampu menangkap output dari alat pemindai sekaligus melakukan proses OCR secara langsung dan kemudian menyimpannya dalam format yang diinginkan, misalnya Abby Fine Reader, OmniPage Pro, Adobe Acrobat Professional.

Comments
  1. ilmucerdas says:

    thanx bwt artikelnya
    andkuijin copybwt blog aku ya
    makasih..

  2. buJaNG says:

    Wah mantep nih…. LINKnya mana…?

  3. nice post.. termasuk ma jenis scannernya ga??

Leave a Reply

