Power Defragmenter – Faster Disk Defragmenter

Posted: November 3, 2008 in Software, Utilities
Tags: , ,

Apakah Anda kurang puas bahkan tidak puas dengan kinerja tools Disk Defragmenter bawaan Windows, termasuk Vista sekalipun? Saya pribadi sangat tidak puas, hal ini terjadi beberapa hari lalu ketika sepulang dari kantor saya menjalankan Disk Defragmenter bawaan dari Windows Vista. Untuk mendefrag drive C yang berkapasitas 101GB, dimana kapasitas 60GB sudah digunakan membutuhkan waktu yang sangat lama, bahkan sampai “saking” lamanya saya tinggal tidur. Ketika esoknya saya bangun, proses defragment untuk drive C: masih belum selesai juga, akhirnya saya cancel.
Kemudian saya mencari di google tools disk defragmenter dan saya mendapatkannya.

Contig dari Sysinternals.
Program gratis ini berukuran kecil namun siapa sangka mampu merapikan seluruh harddisk anda, bahkan file-file yang tidak sanggup disentuh oleh program perapih harddisk bawaan Windows.
Harddisk yang rapih menghasilkan suhu kerja yang lebih kecil, karena optik pembaca disk tidak perlu sering meloncat-loncat untuk mencari bagian-bagian file yang tercecer sehingga akan meningkatkan performansi.

Program ini selain gratis, mudah digunakan dan mampu bekerja dengan sangat cepat. Terbukti untuk mendefrag drive C: laptop saya program ini sanggup melakukannya dalam waktu kurang dari 10 menit. Is this true? Yes, it is.
Program ini bisa berjalan pada semua OS terbaru seperti Win 2K / 2003 / XP / Vista.

Langkah-langkah untuk memulai:

  1. Download filenya ->contig.zip(33KB).
  2. Download program bantu (GUI) ->PowerDefragmenterGUI.zip(410KB).
  3. Ekstrak kedua file itu kedalam satu folder
  4. Jalankan PowerDefragmenterGUI.exe, dan silahkan pilih defrag yang anda mau.

Defragment File(s): defragment sampai dengan 4 files
Defragment Folder(s): defragment sampai dengan 4 folders
Defragment Disk: defragment sebuah disk
PowerMode(TM) Disk Defragmentation: Defragment dengan penggabungan ketiga macam pilihan defragment. Time does not necessarily double.

Contig sebenarnya dioperasikan dengan command line yang cukup sederhana. Namun karena kebanyakan orang merasa ribet jika harus mengoperasikan command line akhirnya eXcessive Soft membuat GUI sebagai tools yang lebih user friendly.

Mungkin banyak dari Anda yang berpikir “it is unnecessary to defragment NTFS”. While that may be true, many are noticing an increase in performance once they defrag their system, including myself.

Disclaimer :

Tidak semua dari Anda bisa mendefrag dalam kurun waktu 10 menit seperti halnya saya ini dikarenakan level fragmentasi pada masing-masing hard drive berbeda. Pada intinya saya mencoba memberi gambaran bahwa Power Defragmenter bisa mendefrag lebih cepat daripada “Build-in Defragmenter”.

Tools Disk Defragmenter lain yang bisa Anda gunakan : Auslogics Disk Defragmenter, JkDefrag. Saya juga sudah mencoba JkDefrag dan terbukti free space laptop saya bertambah.

Semoga bermanfaat.

Comments
  1. Kalo aq suka pakek Auslogics Disk Defragmenter…:)

  2. ahmad says:

    yupe pake auslogics juga keren koq, dari review yang aku baca hampir sama kayak power defragmenter.

    thanks

  3. ghion says:

    thank’s………….
    mau tanya …..
    kenapa hard disk tidak bisa didebragmeter pakai bawahan windows xp

Leave a Reply

