Intel Core i7 – Fastest Processor on the Planet

Posted: November 21, 2008 in Internet, Notebook
Tags: ,

“Padahal belum lama punya laptop dengan prosesor Core 2 Duo sekarang sudah muncul lagi yang lebih handal…kacau..kacau..”

Intel Corporation kembali menambah jajaran prosesornya yaitu Intel Core i7, seri Intel Core terbaru setelah prosesor Intel Core 2 Duo. Core i7, diklaim mampu bekerja dari 2.66 GHz hingga 3.20 GHz, lebih cepat 40 persen, atau dua kali lebih dahsyat dari platform Intel sebelumnya. Oleh karena itu Intel mengklaim bahwa Core i7 sebagai “Fastest Processor on the Planet”.

Jika biasanya komputer dengan performa semakin tinggi, kebutuhan energinya juga semakin besar maka berbeda dengan produk ini. Produk ini menurut pihak Intel akan membawa performa tinggi sekaligus membuat komputer semakin hemat energi.

Intel Core i7 juga menghadirkan versi Extreme Edition.  Untuk membedakan Prosesor Intel Core i7 dan Intel Core i7 Extreme Edition, Intel membedakannya dalam dua warna logo. Logo berwarna biru untuk Prosesor Intel Core i7, dan hitam untuk Intel Core i7 Extreme Edition.

Beberapa fitur yang diusung:

  • QuickPath interface. Sistem antarkoneksi dengan proses berkecepatan tinggi, lebih dari 25 gigabit per detik, per-link.
  • Turbo Boost. Memaksimalkan speed untuk kebutuhan aplikasi, memberikan akselerasi performa secara dinamis untuk menandingi beban kerja komputer.
  • Hyper-threading yang mengusung teknologi multi-threading simultan.
  • DDR3 SDRAM. RAM jenis baru yang lebih cepat.
  • 45nm process technology.
  • 731M transistors.

Serba Baru

Bila Anda berniat membeli komputer baru yang memanfaatkan Core i7, terutama yang hobi pada komputer rakitan maka siap-siap merogoh kocek lebih dalam karena ada beberapa perubahan yang sangat terasa.

Banyak komponen yang sudah ada sebelumnya tidak bisa di pakai lagi untuk sistem baru yang menggunakan prosesor Core i7. Prosesor ini menggunakan soket baru sehingga tidak kompatibel dengan soket yang sudah ada sebelumnya.

Intel Core i7 ini mensyaratkan akan kebutuhan chipset baru yang berarti membutuhkan motherboard baru pula. Untuk mendukung prosesor ini Intel telah merilis chipset X85. Tinggal menunggu produsen motherboard seperti ASUS, MSI, Gigabyte untuk mengeluarkan motherboard yang mendukung.

Hyperthreading is Back

Masih ingat Anda dengan Hyperthreading? Istilah ini sering muncul sewaktu zaman Pentium 4 menjadi prosesor mainstream buat desktop. Namun ketika peralihan ke arsitektur Core, istilah hyperthreading ini tidak dipakai lagi.

Namun dengan anggota keluarga Intel Nehalem pertama ini, istilah tersebut kembali muncul. Berbeda dengan Pentium 4 yang hanya mempunyai satu Core, Intel Core i7 yang mempunyai ini banyak mampu meningkatkan kemampuan multitasking-nya dengan sangat baik. Untuk melengkapi fitur ini Intel juga memperkenalkan teknologi “Turbo Boost” yang mampu mendongkrak lebih kinerja satu inti dari keadaan normalnya.

Video mengenai Turbo Boost :

Informasi produk dan harga :

Processor Clock Speed (GHz) Price QPI Speed (GT/sec) Cache Memory Speed Support TDP Processor Generation
Intel® Core™ i7-965 Extreme Edition 3.20 $999 6.4 8 MB DDR3-1066 130W New Intel® Core™ Microarchitecture (Nehalem) 45nm
Intel® Core™ i7- 940 2.93 $562 4.8
Intel® Core™ i7- 920 2.66 $284 4.8
Comments
  1. gila!! L2 cache-ne 8 MB, tp kok mahal amat yoh?!

    wis ngko tuku pocessor maneh nek wis dijual rentengan.

    penjual : mau beli apa?
    pembeli : intel core i7
    penjual : beli berapa ?
    pembeli : satu renteng..
    penjual : ???
    pembeli : (hihii😀 )

  2. andimulyandi says:

    mas.. thanks key.
    bagus infony..
    new:
    andimulyandi.web.id

  3. Herlan santoso says:

    X58 kali, chipset yang support ama i7 salah tu bosz nulisnya. emang ada chipset X85??????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s