Instalasi Garmin XT di Nokia E66

Posted: March 19, 2009 in Handphone, Software, tips & tricks
Tags: , ,

Sudah 2 bulan ini aplikasi Nokia Maps di Hp Nokia E66 milik istri saya sudah habis masa lisensinya, sehingga jika ingin menggunakan untuk menentukan rute dari suatu tempat ke tempat lain tidak bisa digunakan lagi. Awalnya istri saya ingin membeli lisensinya, namun saya melarang dengan alasan mahal dan buat apa keluarin uang untuk itu.

Sebagai seorang laki-laki, suami, dan setiap harinya otak-atik komputer (halah…) tertantang untuk mencari info cara untuk crack atau mencari Maps gratis lainnya, dari Giestblog ini akhirnya saya mendapatkan informasi cara instalasi di nokia E71 kemudian saya tertarik untuk mencoba Garmin XT pada nokia E66 istri saya. Setelah download file-file yang diperlukan untuk instalasi, malam harinya langsung saya coba karena saya begitu penasaran.

Petunjuk instalasi di Nokia E66 :

  1. Download file-file berikut :
  2. Setelah itu extract file tersebut di komputer Anda, maka akan muncul folder Garmin Symbian60, Anda boleh menggantinya dengan Garmin saja untuk mempermudah.
  3. Kemudian sambungkan Nokia E66 ke komputer menggunakan USB, pilih menu mass storage, atau Anda juga bisa menggunakan card reader.
  4. Setelah memory card Anda dikenali oleh komputer, salin folder Garmin dari hasil extract tadi ke memory card.
  5. Selesai Anda salin folder tersebut ke memory card, unmount kemudian cabut kabel USB dari Hp atau pasang memory card ke Hp jika Anda menggunakan card reader.
  6. Buka File Manager di Hp, pilih memory card, buka directory folder Garmin –> Apps –> Symbian –> res.
  7. Anda akan temukan file GarminMobileXT.sis, install sampai selesai.
  8. Kemudian jalankan Garmin Mobile XT yang sudah Anda install, menu –> installations –> klik GMobileXT.
  9. Pilih I Agree ketika ada konfirmasi Warning – Use GPS Safely dan abaikan semua keterangan mengenai tidak terdeteksinya GPS bluetooth.
  10. Buka menu Settings dan scroll ke bawah untuk membuka About.
  11. Salin Card ID yang ada pada tampilan About, kemudian jalankan file GMXT yang sudah Anda download.
  12. Masukkan Card ID Anda ke kolom Enter Your Unit Id Here:, kemudian klik tombol generate.
  13. Salin semua karakter pada kolom Your GM XT device unlock code: kemudian simpan dengan nama file sw.unl, namun pastikan bahwa filename tersebut tidak ada embel-embel .txt.
  14. Kemudian klik combo box Select Map Product dan pilih <custom mapset>.
  15. Anda akan diminta untuk memasukkan ID Map, masukkan angka 364 kemudian simpan kedalam file GMAPSUPP.unl.
  16. Extract file CN_Indo_NT_v3.02_MapID_364.rar dari file download tadi maka akan menjadi file gmapsupp.img.
  17. Hubungkan Hp E66 ke komputer kembali menggunakan kabel USB atau card reader, kemudian salin file sw.unl, GMAPSUPP.unl dan gmapsupp.img ke dalam memory card pada directory Garmin.
  18. Unmount Hp Anda dari komputer kemudian jalankan kembali Garmin Mobile XT.
  19. Anda sudah bisa menggunakan Garmin beserta Mapnya, namun jika Anda diminta memasukkan ID Map masukkan 25 Digit Map Unlock Code yang ada pada generator tadi.

Untuk informasi gambar agar lebih jelas silahkan buka Giestblog. Semua petunjuk yang saya berikan ini berasal dari blog tersebut dan sudah saya coba langsung di nokia E66, it’s work dan insya Allah bisa untuk Symbian 3rd edition.

Garmin Mobile XT for Symbian S60 3rd Edition software version 5.00.40 bisa di download disini atau mungkin sebaiknya baca dulu infonya disini

Update:

Kalau sudah bosan dengan tanda panah biru, bisa diganti sesuai selera, ada mobil, pesawat, truck, dll. Caranya:

  1. Download file all vehicles disini
  2. Copy isi allVehicles.zip yang terdiri dari file-file .srf ke folder /Garmin/Vehicle di Hp
  3. Untuk memilih bentuk kendaraan yang diinginkan, masuk ke program garmin, pilih Tools – Settings – Map – Vehicle
  4. Kalau mau menghapus jenis kendaraan yang tidak perlu, cukup delete file .srf di folder Vehicle tadi

Semoga Bermanfaat

Comments
  1. Rufor says:

    Hello,
    vandebasta.wordpress.com to GoogleReader!

    Have a nice day
    Rufor

  2. AnnaHopn says:

    Greatings,
    Ugh, I liked! So clear and positively.

    Thanks
    AnnaHopn

  3. Eddy W. Angkanata says:

    Pak/Mas yang baik hati, saya coba untuk DL file GarminXt, tapi selalu gagal, bisakah saya dapatkan bantuan dari sampeyan untuk email ke saya kalo dan pastinya sampeyan punya🙂 kalo bisa tolong diemail ke saya eddyw.angkanata@yahoo.co.id, dan selanjutnya thx a lot Sir🙂

  4. pramz says:

    bos saya pas extract folder garmin symbian 60,yg keluar beberapa folder(apps,eula,voice,firmware dll) bukan satu folder(garmin),apakah semua folder itu kita buat jadi 1 folder saja(buat new folder garmin)???,atau dicopy ke hpnya semua folder yg di extract dari folder aslinya itu.hp saya 5700 xm

  5. fundeersvart says:

    G bisa boz..
    aq dah nyoba 3x tak instal hasilnya?
    NOL besar..cm icon garmin berjalan bentar trus keluar,itu belum nyampe buka kode IMEI nya low..Bantu dong boz..E71 mubadzir kl g dimanfaatin..

  6. Bagus says:

    Kang,
    thanks atas infonya kang.

    saya lihat beberapa teman (pakai windows mobile sih) tanda panahhya sudah diganti dengan mobil (vehicle).

    nah kalau untuk e66 ini gimana caranya ganti vehicle? Saya sudah update ke ver 5.00.40 tetep aja yang muncul panah

    mohon pencerahannya,
    Bagus

    • Bisa diganti sesuai selera, ada mobil, pesawat, truck, dll. Caranya:

      1. Download file all vehicles disini
      2. Copy isi allVehicles.zip yang terdiri dari file-file .srf ke folder /Garmin/Vehicle di Hp
      3. Untuk memilih bentuk kendaraan yang diinginkan, masuk ke program garmin, pilih Tools – Settings – Map – Vehicle
      4. Kalau mau menghapus jenis kendaraan yang tidak perlu, cukup delete file .srf di folder Vehicle tadi

      selamat mencoba

  7. Bagus says:

    Thanks bro….
    useful banget site lu

    tadi gw cek di folder garmin gw ga ada folder vehicle…trus gw buat aja manual folder vehicle….and tha tha…jalan bro

    thanks bro

  8. Chandi says:

    it’s work.. thanks a lot…

    apa ini bisa kerja di NOKIA 5800 Express music

  9. clozapine says:

    kok pd saat saya jalankan ga terjadi apa2 pak…setelah saya install ga bisa jalan….muncul layar garmin trus ilang lagi..salahnya dimana pak ya /

  10. tutorial yang hebat, saya sekarang punya 3 base map dan aplikasi di E66 saya, Nokia Maps, Google Maps, dan Garmin. Nokia Maps dan Garmin bisa jalan dengan bagus tanpa SIM Card dan hanya mengandalkan GPS receiver bawaan (gratis). Namun Google Maps memerlukan koneksi GPRS (bayar). Apakah memang begitu?

    Garmin maps sekarang menjadi andalan saya. Terima kasih

  11. andi says:

    mas nanya nich jarak pada germin satuannya kan pakai mil, kalau mau rubah pakai km (kilometer) bisa nggak boss?

  12. Wahab says:

    Tuan,
    Kalau mahu Map malaysia bagaimana ya.
    Bisa bantu aku ??
    tolong..

  13. gusdur says:

    ada peta untuk alam sebelah nggak ya ?

  14. krisnadi says:

    Yth, mas Bastian sdh 2 minggu ini garmin saya di E66 ndak fungsi (tdk mau konek ke gps device) indikator bar sinyal kiri atas koq berubah jadi bluetooth…padahal sebelumnya lancar2 saja saya pakai aplikasi garmin…digimanakan ya mas, minta tolong cara utk perbaikinya…
    Maturnuwun sekali mas Bastian…

  15. exo says:

    Bang mohon!klo untuk bberry versi ada gs ya.cos saya googling berbulan bulan ga pernah nemu,thank u

  16. guntur says:

    aku mau coba di nokia n82 bisa ga yah..
    mdh2n bisa

  17. hari borneo says:

    mau ty nih bang ! adakah aplikasi garmin GPS yang support blackberry 8520 ? kalo ada mohon dikirimkan cara & link nya ke email sy hari.borneo77@gmail.com

  18. hari borneo says:

    ijin mau ty bang ! adakah aplikasi garmin GPS Indonesia yang support blackberry 8520 ? kalo ada mohon dikirimkan cara & link nya ke email saya hari.borneo77@gmail.com

  19. hari borneo says:

    ijin mau ty bang ! adakah aplikasi garmin GPS Indonesia & yang pake bahasa indonesia khusus support blackberry 8520 ? kalo ada mohon dikirimkan cara & link nya ke email saya hari.borneo77@gmail.com

  20. shalihin says:

    bro…map malaysia dimana mau download? boleh bagikan linknya?…

  21. hendro says:

    Mas saya coba di kota Makassar kok ga muncul ya? Kl mau download peta sulawesi di mana? Thx.

Leave a Reply

