Menyingkirkan Virus Sality/W32

Posted: March 25, 2009 in Anti Virus, Utilities, Virus
Tags: , ,

Beberapa hari ini saya dibuat tidak berkutik ketika bekerja menggunakan komputer di kantor. Pasalnya setiap selang beberapa menit bahkan hitungan detik, Trend Micro Officescan Client di komputer saya memunculkan window pop up yang menyatakan bahwa terdapat virus Sality yang menginfeksi beberapa file saya, terutama yang berextention .exe, .com, .scr.

Dan setiap hal itu terjadi selalu dan selalu file saya dihapusnya without any permision…gimana ga sebel, masak setiap mau kerja saya harus download dulu file di internet seperti putty, winscp, pidgin (messenger), keepass (password management), winrar dan lain-lain dan ini sudah beberapa kali terjadi. Dikarenakan hak akses saya dikomputer hanya user (ketat bgt disini, udah gitu pelit heuheue…) maka saya tidak berkutik dibuatnya. Mau instal antivirus lainpun juga tidak bisa, sehingga saya harus mencari cara yang lain.

Kemudian saya cari tahu mengenai virus ini melalui google.com dan akhirnya saya dapatkan remover virus tersebut. Karena tidak perlu di instal maka saya bisa menggunakannya, TrendMicro SysClean yang saya maksud. Setelah saya download disini, kemudian saya ekstrak. Requirment sebelum menjalankan dibutuhkan file lpt$vpn.xxx yang bisa di cari disini, dan file ssapiptn.da5 atau ssapiptn.da6 yang bisa di cari disini. Info lebih jelas mengenai remover dan teknis menjalankannya bisa dibaca disini. File-file tersebut tempatkan dalam satu folder dengan file fix.bat (ekstrak file hasil download). Setelah itu klik 2x file fix.bat dan ikuti perintahnya.

Anda tinggal mengetik C untuk Clean, D untuk Delete, L untuk Leave atau M untuk Move. Simple khan? Dan terbukti menggunakan cara ini efektif dan efisien, dan sebaiknya Anda matikan System Restore sebelum menjalankan program ini.

Saya pernah menggunakan Avira Premium Security Suite dan Kaspersky Internet Security 2009 di laptop saya, tentunya tidak keduanya saya instal bersamaan. Kedua Antivirus ini cukup baik dalam menemukan virus Sality ini dan mampu membersihkan file-file dari virus tersebut.

Hari ini ketika baca di Detik.com, saya juga menemukan cara untuk menyingkirkan virus sality ini. Namun saya belum mencobanya.

Semoga bermanfaat.

Comments
  1. a-rief says:

    Komputerku malah udh mencegah virus masuk, jadi udh kebal.
    jadi kunci yg paling baik untuk mencegah virus adalah bkan dg antivirus trmahal dan terbaik, tp dg mengkonfigurasi kmputer shg bs seaman mungkn (cara ini yg aku pake)

    • termasuk virus lokal maupun virus luar juga? mantab nih jurusnya…
      padahal komputer di kantor sudah diprotect bgt dan level user aku hanya user biasa jd ga bisa instal program2 yg diharapkan untuk meminimalisir virus, trojan, atau malware…boleh donk dishare konfigurasinya buat laptop di rumah…

  2. irwans says:

    ssapiptn.da5 is missing. Ternyata ada file ssapiptn.da5 . Saya klik link yg ada di artikel ini link untuk lpt$vpn.xxx sama link utk ssapiptn.da5 isinya sama yaitu lpt$vpn.xxx. Share dunk source ssapiptn.da5. Dah ngubek-2 google gak ketemu😦

  3. irwans says:

    Eh maksudnya file ssapiptn.da5 gak ada

Leave a Reply

